Blog

5 Strategi Cerdas Untuk Mencari Kerja Bagi Fresh Graduate Di Tahun 2023

Mencari pekerjaan di tahun 2023 bagi fresh graduate merupakan tantangan yang cukup sulit,terlebih di tahun 2023  terdampaknya seluruh dunia akan resesi global yang dihadapi dunia hal ini akan sangat berdampak pada segala sektor pekerjaan.
Sebagai seorang fresh graduate, mendapatkan pekerjaan setelah lulus merupakan suatu hal yang didambakan para job seeker. Namun, tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan tersebut dengan mudah dan cepat.
Untuk itu pentingnya para fresh graduate memperhatikan strategi cerdas untuk memudahkan mereka dalam mencari pekerjaan agar mereka senantiasa siap untuk bersaing dan menyesuaikan tuntutan zaman akan dunia kerja,untuk itu ada baiknya Anda membaca beberapa tips dalam mencari kerja berikut ini!

1. Kenali potensi diri sendiri
Tidak semua yang sudah lulus mengetahui keinginan dan kemampuan dirinya setelah 3 tahun belajar di SMK/SMA dan ada juga yang belajar 4 tahun di dunia perkuliahan tapi tidak mengetahui potensi akan dirinya sendiri.
Oleh karena itu, penting bagi lulusan baru untuk memanfaatkan waktu mereka setelah lulus sekolah/ kuliah untuk mengetahui bidang mana yang paling mereka sukai dan bersemangat untuk bekerja.
Bidang ini tidak harus terkait dengan jurusan ketika Anda sekolah/kuliah, karena Anda dapat meningkatkan keterampilan Anda dengan belajar sendiri atau mengambil kursus profesional. Setelah bidang ditentukan, mulailah bersiap untuk lebih dalam mengenal kemampuan diri sendiri dibidang yang kita gemari dan mampu

2. Melatih soft skill
Dalam beberapa pekerjaan, tidak jarang soft skill menjadi nilai penting dibandingkan dengan hard skill. Soft skill yang harus dimiliki setiap kandidat adalah kemampuan komunikasi atau interpersonal yang baik, kecerdasan sosial dan emosional.  Keterampilan ini diperlukan karena dianggap seorang kandidat tersebut dapat bekerja dalam tim untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mudah. Hal ini tentu akan menjadi pertimbangan yang baik terlebih para fresh graduate. Perusahaan asti akan mempertimbangkan jika kita mampu mengelola soft skill kita dengan baik.

3. Manfaatkan Networking
Beberapa perusahaan punya Employee Referral Program (ERP). Program tersebut memungkinkan karyawan untuk merekomendasikan kandidat untuk mengikuti proses seleksi perusahaan. Dengan punya banyak kenalan orang-orang yang sudah kerja, Anda juga bisa ketularan dapat kerja. Jadi, mulai sekarang jangan sungkan untuk kenalan sama orang baru, ya. Perluas networking Anda. Makin banyak kenalan, makin cepat dapat kerjaan.
Bergaul dengan orang-orang yang telah bekerja tentu akan membantu anda mengenal berbagai pengalaman mereka selama bekerja. Pengalaman adalah guru yang terbaik, sebab dari situlah orang bisa memperbaiki kesalahan yang telah dibuat sebelumnya. Bahkan bisa meminimalisasi kesalahan serupa di kemudian hari.
Tak ada salahnya meminta masukan, pandangan, atau mendengar cerita dari orang yang sudah berpengalaman. Selain bisa membagikan cerita pengalamannya, Anda bisa juga mendapat ilmu yang telah ia pelajari selama ini.
Tidak hanya itu, manfaatkan relasi dengan orang yang telah berpengalaman atau senior tersebut. Bisa saja pada suatu waktu ia menjadi atasan, dan karena Anda memiliki kesan baik padanya di kemudian hari, Anda bisa diminta untuk bekerja sama dengannya atau mungkin direkomendasikan pada pencari kerja lainnya.

4. Manfaatkan Website dan Aplikasi Pencari Pekerjaan
Tidak seperti dulu, pencarian kerja saat ini tidak hanya offline, tetapi Anda juga dapat mencari pekerjaan menggunakan beberapa situs dan aplikasi. Situs web resmi dan formulir lamaran juga memberikan informasi singkat tentang persyaratan perusahaan dan pekerjaan yang cocok untuk pelamar.
Beberapa situs website dan aplikasi yang menyediakan layanan informasi lowongan kerja akan sangat mempermudah penggunannya. Contohnya yang dapat menjadi referensi Anda dalam mencari situs website informasi loker adalah Bukakarir.com di mana di dalam situs tersebut pengguna cukup mendaftarkan diri mereka dan membuat CV yang tertera di dalam website dengan benar maka pengguna akan dengan mudah melamar secara online. Bukan hanya mencari informasi loker,  perusahaanpun dapat mencari kandidat yang dirasa cocok untuk perusahaan mereka pekerjakan dengan melihat berbagai latar belakang pengguna yang tertera perusahaan dengan mudah mengundang Anda untuk bekerja di perusahaan mereka.

5. Jangan Terlalu Jadi Pemilih
Meski yang dicari adalah pekerjaan yang diinginkan namun ketika ada kesempatan berharga sebaiknya fresh graduate tidak menolaknya. Hal itu bisa dipertimbangkan sebagai pengalaman kerja awal atau batu loncatan untuk karier selanjutnya.

Oleh karena itu, lamarlah pekerjaan di banyak perusahaan sesuai dengan bidang yang kamu inginkan. Bila perlu kamu bisa bikin daftar setiap harinya untuk melamar di beberapa perusahaan. Lakukan dengan konsisten dan pantang menyerah.